LAPORAN
KEGIATAN PRAKTEK KERJA IINDUSTRI
DI PT. ESA JAYA MULIA SENTOSA MALANG
TAHUN AJARAN
2015/2016
Disusun Untuk
Memenuhi Persyaratan Prakerin
SekolahMenengahKejuruan Darul Muqomah
Disusun Oleh :
MOHAMMAD
HADZIQ FATONI
SMK DARUL
MUQOMAH
KOMPETENSI
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
NSS :
342052402282 NPSN : 20566378
TERAKREDITASI A
Jl.
Sultan Agung No. 2-4 Tlp. (0336) 3125050 E-mail:smkdarulmuqomah@gmail.com
JEMBER
2016
HALAMAN PENGESAHAN
DU/DI
LAPORANKEGIATAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
DI
PT. ESA JAYA MULIA
SENTOSA MALANG
Yang disusun
oleh :
Nama : MOHAMMAD
HADZIQ FATONI
No. Induk :
297/297.071
Tempat/Tanggal Lahir : Jember, 29 Oktober 1998
Sekolah :
SMK Darul Muqomah
Telah diperiksa
dan disetujui oleh Pembimbing serta Pemimpin
PT. Esa Jaya
Mulia Sentosa Malang
Malang,
12Maret 2016
PEMIMPIN PERUSAHAAN
|
PEMBIMBING PERUSAHAAN
|
INDRA WAHYUDI, SE.
|
SHERINA MUNIARI
|
hALAMAN
PENGESAHANSEKOLAH
HALAMAN PENGESAHAN
DU/DI
LAPORANKEGIATAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
DI
PT. ESA JAYA MULIA
SENTOSA MALANG
Yang disusun
oleh :
Nama : MOHAMMAD HADZIQ FATONI
No.Induk : 297/297.071
Tempat/Tanggal Lahir : Jember, 29 Oktober 1998
Sekolah :
SMK Darul Muqomah
Telah diperiksa
dan disetujui oleh :
Jember,
…. Maret 2016
Penguji
|
Pembimbing Sekolah
|
IMAM TAUFIK A., S.Kom.
|
DONI RADESA, S.Kom.
|
Mengetahui,
Kepala
SMK Darul Muqomah
|
Kepala
Progam Keahlian
|
IIN NUR AISAH, S.Kom.
|
DONI RADESA, S.Kom.
|
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kepada Allah
SWT, karena dengan rahmat dan karunianya Penulis dapat menyelesaikan Laporan PraktekKerjaI ndustri
(PRAKERIN) yang telahdilaksanakan di PT. Esa Jaya Mulia Sentosa Malang.Laporan ini disusun sebagai salah satu persyaratan mengikuti Uji Kompetensi
di SMK Darul Muqomah Tahun Pelajaran 2015 – 2016.
Kegiatan Prakerin dimaksudkan sebagai salah satu bekal dalam memasuki jenjang dunia usaha atau dunia industri dan untuk memupuk sikap
mental yang
lebih baik dalam melaksanakan kewajibans ebagai penerus bangsa sehingga mampu dan iapbekerja.
Sehubungan dengan terlaksananya Prakerinini tidak terlepas dari bantuan dan dorongan dari semua pihak secara moril maupun materil,
oleh karena itu saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.
Iin Nur Aisyah, S.Kom selaku kepala SMKDarulMuqomah
2.
IndraWahyudi, S.E selaku pemimpin PT. Esa Jaya
MuliaS entosa Malang.
3.
Sherina Muniari selaku Pembimbing Pelaksanaan Praktek KerjaI ndustri
(PRAKERIN).
4.
Doni RadesaS.kom selaku Ketua Jurusan TKJ(TeknikKomputer
Dan Jaringan) SMK DarulMuqomah
5.
Imam Taufiq Agafur,
S.Kom selaku pembimbingpembuatan laporan sekaligus penguji SMK Darul Muqomah
6.
Kedua orang tua tercinta yang
selalu memberikan motivasi selama praktek kerja industri (PRAKERIN)
7.
Semua pihak yang
telah membantu dan mendukung dalam penyusunan laporan ini.
Saya sebagai penulismenya dari bahwa laporan ini masihj auh dari kesempurnaan.Oleh karenaitu penulis mengharap kan kritik dan
saran yang sifat nya membangun bag i pembaca dan masyarakat umum,
semogal aporan ini bermanfaat.
Malang,14Maret2016
Penyusun
MOTTO
Man JaddaWa Jada
“barangsiapa yang bersungguh- sungguh,
makaiaakanmendapatkannya”
“ Dan orang
mukmin yang paling sempurnaImannyaadalahmereka yang paling baikAkhlaknya “
“Orang yang
kuatbukanlah orang yang pandaiberkelahi,tetapi orang yangmampu
menguasaidirinyaketikamarah"
“
Waktuitubagaikanpedang,
jikakamutidakmemanfaatkannya
menggunakanuntukmemotong,
menggunakanuntukmemotong,
iaakanmemotongmu
(menggilasmu)”
‘’Akutinggalkanduapusaka.
Kalian tidakakansesatsetelah (berpegang) padakeduanya,
yaitukitabAllah danSunah-Ku.
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL................................................................................................. i
HALAMAN
PENGESAHAN DU/DI..................................................................... ii
HALAMAN
PENGESAHAN SEKOLAH.............................................................. iii
KATA
PENGANTAR.............................................................................................. iv
MOTTO..................................................................................................................... v
DAFTAR ISI............................................................................................................. vi
BAB l
PENDAHULUAN......................................................................................... 1
1.1LatarBelakangPraktekKerjaIndustri(Prakerin)..................................................... 1
1.2 Dasar Hukum Prakerin......................................................................................... 2
1.3Maksud Dan Tujuan ............................................................................................. 3
1.4TempatdanWaktu.................................................................................................. 3
BAB ll
TINJAUAN UMUM TENTANG PERUSAHAAN.................................... 4
2.1 Profile
Perusahaan................................................................................................ 4
2.2SejarahSingkat Perusahaan................................................................................. ...5
2.3 VisiMisi Dan Motto Perusahaan.......................................................................... 6
2.3.1. Visi.......................................................................................................... 6
2.3.2. Misi.......................................................................................................... 6
2.3.3. Moto......................................................................................................... 6
2.4StrukturOrganisasi................................................................................................ 7
2.5 UraianTugasPegawai Perusahaan......................................................................... 7
2.6Jadwal Kerja
Perusahaan...................................................................................... 8
BAB lllURAIAN KEGIATAN DAN PEMBAHASAN......................................... 9
3.1.
Jadwal Kerja Siswa
Prakerin............................................................................... 9
3.2.
Kegiatan Yang
Dilakukan................................................................................... 9
3.3.
Temuan Dan Permasalahan................................................................................. 11
3.4.
Jurnal Kegiatan................................................................................................... 12
BAB lV
PENUTUP................................................................................................... 13
4.1 Kesimpulan.......................................................................................................... 13
4.2 Saran................................................................................................................... 14
4.2.1Saran
KepadaPihakSekolah........................................................................ 14
4.2.2Saran
UntukPihak Perusahaan.................................................................... 14
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................................... 15
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1 BIODATA SISWA
Lampiran 2FOTO DOKUMENTASI
KEGIATAN
Lampiran 3 JURNAL KEGIATAN
Mengembangkan perusahaan berbasis
jaringan di Indonesia
Membuka cabang cabang baru di seluruh
wilayah Indonesia
Memberikan kesempatan bagi generasi muda
untuk bisa mengembangkan karir sesuai dengan kompetensi yang di miliki
Memberikan manfaat untuk kepentingan dan
melakukan tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten
Imposible Is Nothing
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
(Prakerin)
Untuk dapat berkiprah dalam
peraturan persaingan global, indonesia memerlukan keunggulan. Faktor utama yang
yang menentukan adalah tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan meniliki
ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), agar dapat menghasilkan produk atau
jasa yang layak untuk di persaingkan di persaingan perdagangan global, baik
masa kini maupun masa mendatana
Artinya, diperlukan sumber daya
manusia yang memilikai keahlian profesional. Tenga kerja yang terlibat dalam
proses produksi akan memnentukan mutu, biaya produksi, efisiensi waktu dan
penampilan akhir produk industri barang maupun jasa yang menjati faktor penentu
kemampuan bersaing.sejalan dengan kondisi tersebut.
Sejalan dengan kondisi tersebut,
GBHN 1993 telah memberikan arah yang jelas tentang misi pembangunan Indonesia
dalam menghadapi perkembangan masa mendatang, yakni menitikberatkan pembangunan
jangkapanjang II dan pelita IV pada pembangunan ekonomi seiring dengan
perkembangan sumber daya manusia (SDM). Pendidikan sebagai pranata
utama pembangunan sumber daya manusia (SDM) harus secara jelas berperan
membentuk peserta didik menjadi asset bangsa, yaitu SDM dengan keahlian
profesional yang dimiliki dapat menjadi produktif dan berpenghasilan
serta mampu menciptakan roduk – produk unggul industri Indonesia ini yang siap
menghadapi persaingan di pasar modal.
Keahlian profesional yang harus
dikuasai pada dasarnya mengandung unsur ilmu pengetahuan, teknik dan kiat.
Unsur ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari di sekolah, sedangkan unsur
kiat adalah sesuatu yang tidak dapat diajarkan, tetapi dapat dikuasai melalui
proses pembiasaan penentuan kadar keprofesionalan seseorang, hanya dapat
dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri,
karena itulah tumbuh suatu ukuran keahlian professional berdasarkan jumlah
pengalaman kerja.
Praktek Kerja Industri (Prakerin)
adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan keahlian dan
kejurusan yang memadukan secara singkat program pendidikan disekolah dan
program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui bekerja secara langsung
didunia kerja yang terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional
tertentu.
Dalam pengertian tersebut, tersirat
ada 2 pihak, yaitu lembaga pendidikan pelatihan dan lapangan kerja yang secara
bersama-sama menyelenggarakan suatu program pendidikan dan pelatihan kejuruan.
Kedua belah pihak harus secara sungguh – sungguh terlibat dan bertanggung jawab
mulai tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai tahap penilaian
dan penentuan kelulusan peserta didik, serta upaya pemasaran
tamatanya.
1.2
Dasar Hukum Prakerin
Landasan pelaksanaan kegiatan Praktek kerja
Industri (Prakerin) Sekolah menengah Kejuruan (SMK) di dasarkan atas arahan
Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1993 dan ketentuan dalam Undang-Undang
No. 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanl serta peraturan-peraturan
pendukungnya antara lain :
1.) GBHN
Meningktakan kualitas tenaga kerja merupakan tanggung jawab bersama antara
pemerintah dan masyarakat serta Badan Usaha yang memakai tenaga kerja.
2.) UU SPN No. 2
tahun 1989 Ban W Pasal (1)
Penyelenggaraan pendidikan pelaksanaan dua jalur yaitu jalur pendidikan
sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah.
3.) PP No. 39
Bab III Pasal 4 Butir (3)
Peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan Pendidikan Nasional dapat
berbentuk pemberian kesempatan magang dan/atau latihan kerja.
4.) Kep.
Mendikbud No. 4990/U/1992 Pasal 33 Butir (6)
Kerjasama SMK dengan dunia usaha terutama bertujuan
untuk meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia usaha yang
diusahakan dengan azas saling menguntungkan. Kerjasama SMK dengan dunia usaha
antara lain meliputi Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan magang.
1.3
Maksud dan Tujuan Praktek Kerja Industri (Prakerin)
1.
Prakerin pada dasarnya merupakan kegiatan
intrakurikuler, harus dilaksanakan oleh setiap peserta diklat secara individu.
2.
Dengan pengaturan organisasi an pola penyelenggaraan
pendidikan SMK perlu membentuk proses kegiatan atau seluruh komponen keahlian
dan kejuruan dalam bentuk latihan kerja didunia kerja.
3.
Meningkatkan pemahaman dan pemantapan serta
mengembangkan peserta diklat yang di
dapat disekolah dan menerapkan di dunia usaha.
4.
Meningkatkan keterampilan berupa penguasaan kemampuan
professional kejuruan peserta diklat.
1.4
Tempat dan Waktu
Adapun tempat Prakerin
peserta di PT. Esa Jaya Mulia Sentosa Malang dengan waktu pelaksanaan kurang
lebih selama 3 bulan, di mulai pada tanggal 14 Desember 2015 sampai 12 Maret
2016.
BAB
II
TINJAUAN
UMUM TENTANG PERUSAHAAN
2.1 Profile Perusahaan
1. Nama
perusahaan :
PT. Esa Jaya Mulia Sentosa
2. Merk
(milik sendiri/lisensi : -
3. Alamat
kantor : Tambak
Rejo NO. 32 RT.008 RW.002.
Desa Tambaksari Kec. Tajinan
Kab.
Malang
4.
Nama Pemilik/Penanggung : Indra Wahyudi, S.E
Jawab
5.
Alamat Penanggung Jawab : Perum Jati Regency Kav. 87 Rt.011
Rw.004 Kel. Sukun Kota Malang
No Tlp/Fax :
6.
No. Pokok Wajib Pajak : 31.747.423.8-657.000
7.
Nilai Modal Kekayaan Bersih : Rp. 500.000.000
Tidak Termasuk
Tanah Dan ( Lima Ratus Juta Rupiah )
Bangunan Tempat
Usaha
8.
Kegiatan Usaha : perdagangan barang
9.
Kelembagaan : Pedagang Pengecer
10.
Bidang Usaha : Perdagangan Khusus Baja&Besi
Untuk Bahan Konstruksi Di
Dalam Bangunan (52341)
11. Jenis
Barang/Jasa : Pipa PVC
Dagangan Utama
2.2 Sejarah PT. Esa Jaya Mulia Sentosa
PT. Esa Jaya adalah perusahaan yang
bergerak di bidang perdagangan melalui cabang-cabang yang berada di berbagai
wilayah Indonesia. Perusahaan ini di dirikan sejak tahun 2000, seiring dengan
perjalanan waktu perusahaan ini telah berkembang di wilayang pulau jawa dan
beberapa di luar pulau jawa.
PT. Esa Jaya atau biasanya di kenal EJMS mempunyai
banyak cabang di berbagai wilayah Indonesia. Diantaranya: Malang, Surabaya,
Lombok, Sumbawa, Bandung Serta Cirebon. Dimana cabang yang berada di kota
malang merupakan tempat saya melaksanakan praktek kerja industri (prakerin).
PT. Esa Jaya Mulia Sentosa Malang berdiri
sekitar tahun 2003 yang mana pada waaktu itu perusahaan tersebet selalu
berpindah-pindah tempat di karenakan belum memiliki lahan tetap. Seiring dengan
berjalannya waktu, perkembangan perusahaan ini dan semakin besar pemasaran
barang sehingga membutuhkan tempat/gudang yang besar pula untuk menyetok
barang-barang yang jumlahnya banyak. Maka perusahaan ini membeli lahan yang di
beli dari haji yang berada di jl. Tambak rejo no 32. Tajinan Malang
PT. Esa Jaya Mulia Sentosa Malang mempunyai
anak cabang yang berada di Ngawi dan Purwokerto. Namun anak cabang yang berada
di ngawi di tutup, karena terdapat masalah intern dan pimpinan yang belum mampu
memimpin cabang tersebut dengan baik, sehingga anak cabang yang perusahaan ini
hanya di purwokerto saja
Sebelum mencapai kesuksesan seperti ini, PT.
Esa Jaya Mulia Sentosa Malang mengalami banyak rintangan tantangan serta
hambatan yang datang silih berganti. Dimulai dari pemimpin terdahulu yang tidak
mampu memimpin dengan baik sehingga menyebabkan para karyawan lalai dalam
menjalankan tugasnya seperti:para sales yang tidak bertanggung jawab dengan
tugasnya.
PT.
Esa Jaya Mulia Sentosa Malang mempunyai lebih dari 1000 pelanggan namun yang
menjadi pelanggan aktif hingga sekarang kurang lebih 600 pelanggan. Pelanggan
tsb tidak hanya berada di kawasan kota malang saja tetapi juga terdapat di luar
kota di antaranya : Blitar, Pasuruan, Tulungagung Surabaya, Ponorogo,
Bojonegoro, Dll. Saat ini pt. ejsm malang mempunyai gudang yang luas dan rapi
yang sudah memenuhi standart kelayakan.
Dengan
adanya sales yang berada di luar kota dan jasa ekspedisi yang cukup memadai.
Maka, PT. EJMS Malang makin di kenal dan di percaya para pelanggan dan
masyarakat luas dan di harapkan hal tsb dapat di pertahankan bahkan trus
berkembang sehingga dapat membuat PT. EJMS dapat mengusai pasar dalam negeri
maupun luarnegeri
Itulah
sedikit sejarah dan perkembangan dari PT. Esa Jaya Mulia Sentosa Malang yang
dapat memberikan motivasi terhadap kita untuk selalu bekerja keras dalam
melakukan suatu pekerjaan
2.3 Visi, Misi Dan Motto PT. Esa Jaya
Mulia Sentosa Malang
2.2.1
Visi

2.2.2 Misi



2.2.3 Motto

2.4 Stuktur Organisasi PT. Esa Jaya
Mulia Sentosa

|

2.5 Uraian Tugas Pegawai Perusahaan
1.
Kacab
Bertanggung Jawab Atas Semua Kegiatan Yang
Berjalan Di Perusahaan.
2.
Audit
Bertanggung jawab atas semua kegiatan, semua
devisi apakahsudah sesuai apa belum dengan prosedure perusahaan.
3.
Admin
Bertanggung jawab atas data tentang
penjualan maupundata yang berhubungan dengan perusahaan.
4.
Admin Gudang
Bertanggung jawab untuk memasukkan/input
keluar masuknya barang serta mengecek keadaan fisik barang.
5.
Mandor Gudang
Bertanggung jawab mengecek barang masuk dan
keluar, mengecek nota masuk dan keluar, barang masuk dan retur ke pabrik ke
system, konfirmasi dengan pusat apabila ada barang masuk, mengecek stok per
hari dan mengecek tagihan telat toko.
6.
Asisten Gudang
Bertanggung jawab membantu menaikkan dan
menurunkan barang yang akan di kirim maupun barang datang serta merapikan
barang yang ada di gudang agar tidak tercampur dengan yang lain karena barang
beda ukuran dan jenisnya.
7.
Ekspedisi
Bertugas mengirim barang kepada pelanggan
dan mengambil barang dari pabrik.
8.
Sales
Bertugas untuk memasarkan barang barang baik
didalam maupun diluar kota serta bertanggung jawab atas nota yang harus di
tagih.
2.6 Jadwal Kerja Perusahaan
Di PT. Esa Jaya Mulia Sentosa Malang jam kerja
dilaksanakan selama 8 jam dengan uraian di bawah ini
No.
|
HARI
|
BERANGKAT
|
ISTIRAHAT
|
PULANG
|
1
|
SENIN
|
08:00 WIB
|
12:00 – 13:00
|
16:30 WIB
|
2
|
SELASA
|
08:00 WIB
|
12:00 – 13:00
|
16:30 WIB
|
3
|
RABU
|
08:00 WIB
|
12:00 – 13:00
|
16:30 WIB
|
4
|
KAMIS
|
08:00 WIB
|
12:00 – 13:00
|
16:30 WIB
|
5
|
JUM’AT
|
08:00 WIB
|
11:30 – 13:00
|
16:30 WIB
|
6
|
SABTU
|
08:00 WIB
|
12:00 – 13:00
|
16:30 WIB
|
BAB lll
URAIAN KEGIATAN DAN PEMBAHASAN
3.1 Jadwal Kerja Siswa
Prakerin
Kegiatan praktek
kerja industri di PT. Esajaya mulia sentosa dilaksanakan 6 hari dalam satu
minggu dengan uraian sebagai berikut:
No.
|
HARI
|
BERANGKAT
|
ISTIRAHAT
|
PULANG
|
1
|
SENIN
|
O7:30 WIB
|
12:00 – 13:00
|
16:30 WIB
|
2
|
SELASA
|
O7:30 WIB
|
12:00 – 13:00
|
16:30 WIB
|
3
|
RABU
|
O7:30 WIB
|
12:00 – 13:00
|
16:30 WIB
|
4
|
KAMIS
|
O7:30 WIB
|
12:00 – 13:00
|
16:30 WIB
|
5
|
JUM’AT
|
O7:30 WIB
|
11:00 – 13:00
|
16:30 WIB
|
6
|
SABTU
|
O7:30 WIB
|
12:00 – 13:00
|
16:30 WIB
|
3.2 Kegiatan Yang Dilakukan
1.
Arsip ( file tt merah, arsip nota kuning, laporan harian ).
Mengarsip dokumen –
dokumen yang berhubunagan dengan penjualan suatau barang sebagai bukti telah
terjadi transaksi di perusahaan agar dapat meminimalisir kesalahan di
perusahaan
2.
Input report sakes dan km sales
Memasukkan data
toko-toko yang di kunjungi seorang sales dan kilometer motor yang di bawa sales
baik kilometer berangkat maupun pulang
dalam satu hari.
3.
Input daftar kunjungan sales.
Memasukkan daftar
toko yang telah di kunjungi sales denga bukti adanya stemprl dari toko tersebut
dalam satu hari. Minimal sales mengunjungi tujuh toko dalam satu hari.
4.
Menulis billyet giro di slip BCA
Menulis billyelt
giro yang telah di terima dari toko yang melakukan transaksi melaui BG ke dalam
slip BCA agar dapat dicairkan ke bank yang bersangkutan.
5.
Stok gudang
Stok gudang
dilakukan untuk membantu kegiatan di dalam gudang seperti mempersiapkan barang
di truk ekspedisi untuk prngeriman barang yang akan dikiriri perusahaan ke
dalam kota maupun luar kota. Selain itu biasanya seminngu sekali di lakukan
menghitung stok yang bertujuan untuk mengetahui keadaaan fisik dan jumlah barang yang terdapat di gudang
agar meminimalisir selisih antara di system denagan jumlah real barang
6.
Buku ekspedisi
Menulis agar
mempermudah dan mengefisiensi waktu bagian pengiriman untuk mengirin barang
tersebut.nota yang di bawa di bagian pengiriman sesuai dengan urutan toko yang
di kirim.
7.
Pelunasan anplop coklat
Bertujuan untuk
mengetahui jumlah tagihan toko- toko atau pelanggan yang yang menitipkan
pembayaran barang kepada sales baik secara kredit maupun secara tunai dan
amplop coklay juaga berguna untuk menyimpan nota putih.
8.
Rekap tagihan sales
Untuk melihat
toko-toko mana saja yang notanya sudah jatuh tempo dan di tulis di buku sales
masing-masing kegiatan ii juga untuk mrngetahui
nota- nota putih mana yang akan dibawa sales dan di tagih di toko yang bersangkutan.
9.
Input barang datang, barang keluar, returan pabrik dan returan toko
Kegiatan ini bertujuan
untuk memastikan bahwa telah
terjadi penerimaan atau pengeluaran
barang – barang seperti penjualan barang, kedatangan barang, returan toko
maupun returan pabrik.
10.
Mengetik dan menulis no transaksi
Kegiatan ini dimulai
dengan mengetik terlebih No. Transaksi terlebih dahulu yaitu mengetik diri
lembaran yang telah di berikan olah admin (system) kemudian dimasul\kkan ke
dalam microsoft excel ynag dilakukan setiap hari dan dibedakan melalui bulan,
kemudian dilanjutkan dengan menulis No. Transaksi yang telah di input ke dalam
tanda terima pembayaran.
11.
Menulis penerimaan dan pengeluaran kas/bank
Hal ini bertujuan
untuk mengetahui uang yang masuk dan pengeluaran yang terjadi dalam perusahaan
sehinnga keungan dalam perusahaan akan dapat terkontrol.
3.3 Temuan Dan
Permasalahan
3.3.1. Temuan
Banyak temuan-temuan
yang saya dapatkan setelah saya melaksanakan prakerin ini antara lain :
·
Rumus formula v-lookup
VLOOKUP adalah fungsi pada Excel yang digunakan untuk melakukan pencarian nilai dari
suatu table / range referensi.
VLOOKUP sangat populer
digunakan sejak versi awal sampai sekarang. Sesuai namanya, VLOOKUP
digunakan untuk mencari data pada baris demi baris (vertikal) pada tabel
referensi.
·
Rumus formula sumif
adalah perpaduan antara fungsi Sum
dan Fungsi IF, jadi disini maksudnya adalah fungsi ini
digunakan untuk melakukan penjumlahan data dengan criteria tertentu,
·
Rumus formula coutif
Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel
dalam suatu range atau rentang yang memenuhi kriteria tunggal yang telah kita
tentukan sebelumnya.
·
Conditional formattin
Conditional Formatting
merupakan fasilitas dalam Microsoft Excel yang sangat berguna dalam menampilkan
suatu data, sehingga mempercepat dalam menganalisa data. Ada lima jenis
Conditional Formatting yang dapat kita gunakan untuk menampilkan suatu data
·
Membuat hyperlink
Hyperlink
adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian dalam slide, file, program, atau
halaman web dengan bagian lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink
digunakan untuk menunjukan lokasi lain dari dari teks atau objek yang
dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa dokumen, file, objek,
aplikasi, halaman web dan sebagainya.
3.3.2 Permasalahan
Selain temuan-temuan yang saya dapatkan,
saya juaga memdapatkan permasalahan yang diantaranya:
·
Kurang pahamnya saya dengan alat-alat yang terdapat di kantor
sehingga memerlukan waktu untuk memahami.
·
Cukup bingung dengan kegiatan yang berada di tempat prakerin
terutama di pekerjaan yang dilakukan setiap hari karena tidak sesuai dangan
jurusan sekolah.
·
Sulit menghitung stok yang berada di gudang karena jumlah yang
sangat banyak dan merupakan hal yang pertama kali.
·
Kadang-kadang ilmu yang diberikan para pegaeai kantor kurang
terserap dengan baik karena jurusan yang berbeda.
3.4 Jurnal
Kegiatan
( Terlampir )
BAB lV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dari pengalaman Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) yang dilaksanakan di PT. ESA JAYA MULIA SETOSA MALANG selama 3 bulan
dapat diambil kesimpulan :
a.
Dengan adanya Praktek Kerja Industri ini, para peserta
PRAKERIN cukup banyak mendapat informasi dengan pengalaman khususnya mengenai
Ms. Excel sehinggga menambah motivasi bagi peserta dalam memperdalam ilmu
tentang rumus-rumus di microsoft excel.
b.
Setelah pelaksanaan PRAKERIN ini dapat disimpulkan
antara teori yang dapat di sekolah dengan praktek kerja di dunia usaha memiliki
banyak perbedaan. Teori lebih sulit jika dibandingkan dengan praktek secara
langsung.
c.
Dari terlaksananya praktek kerja industri siswa dapat
mengusai beberapa alat- alat atu beberapa progam aplikasi yang belum pernah ada
di mata pelajaran yang terdapat di sekolah, sehingga kegiatan prakerin ini
dapat menambah wawasan siswa di bidang pengusaan ilmu komputer
d.
Keberhasilan pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini
sangat dibutuhkan oleh para siswa/siswi agar dapat bisa mengikuti salah satu
syarat untuk menempuh UAS/UAN. Dengan dibuatnya laporan PRAKERIN ini diharapkan
dapat dijadikan acuan bagi lancarnya pelaksanaan Praktek Kerja Industri,
terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan paket keahlian yang ada di
Dunia usaha/Dunia industri.
e.
Mendapatkan pengalaman yang cukup memnbuat saya
mengetri tentang susahnya mencari uang sehingga saya dapat mengguanaka uang
dengan sebaik-baiknya dengan tidak
menyaia-nyiakan uang.
4.2 Saran
4.2.1 Saran Kepada Pihak Sekolah
Terlepas dari segala kekurangan dan kelemahan kami
sebagai peserta Praktik Kerja Industri (prakerin) saran penulis adalah :
1.
Agar Sekolah lebih meningkatkan mutu, baik Staf
pengajar maupun anak didiknya.
2.
kami sangat mengharapkan agar pembimbing lebih
ditingkatkan supaya siswa lebih siap mental maupun materi yang akan menunjang
keberhasilan Praktik Kerja Industri (prakerin).
3.
Sebelum pelaksanaan kegiata prekerin, agar
menyiapkan sematang matangnya baik tempat prakerin maupun kemampuan siswa.
4.
Terus melakukan kerja sama dengan pihak pihak
perusahaan lain di beberapa wilayah agar dapat menambah pengalaman peserta prakerin di dunia kerja sebagai modal
peserta untuk terjun di dunia kerja setelah lulus nanti.
5.
Untuk para pembimbing, mudah- mudahan di tahun-tahun
yang akan datang dapat sering memonitoring para peserta prakerin di tempat-
tempat prakerin terutama di daerah luar kabupaten seperti malang dan Surabaya
supaya mempermudah para peserta untuk melaksanakan prakerin terutama pembuatan
laporan prakerin.
4.2.2 Saran Untuk Pihak Perusahaan
1.
Dalam menyediakan sebaik baiknya sarana dan
prasarana kegiatan perusahaan agar dapat mempermudah kegiatan pegawai yang
tinggal di dlam perusahaan
2.
Dapat terus mendukung kegiatan pendidikan di Negara
Kesatuan Republik Indonesia dengan memerima beberapa siswa dan siswi SMK untuk
melaksanakan prakerin.
3.
Untuk PT. EJMS, semoga di tahun berikutnya
senantisasa menerima adik adik kelas kami untuk dapat melaksanakan prakerin di
PT. EJMS ini
DAFTAR
PUSTAKA
Yanie/2013/http://sutiyani94.blogspot.co.id/
http://uzumet.blogspot.co.id/2014/12/motto-hidup-berdasarkan-al-quran-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar